Laman

Jumat, 07 Desember 2012

Sejarah Akar Aliran Kung Fu Internal dan Eksternal (1)


Seni beladiri Tiongkok menikmati reputasi besar, dikembangkan di negara besar dengan kultur budaya yang beragama dan mencatat sejarah panjang. Akibatnya, muncul sekian banyak aliran dan pengembangan dengan ketelitian tinggi selama ribuan tahun. Terdapat sekitar 400 an aliran yang berkembang di Tiongkok, 140 diantaranya merupakan aliran rahasia warisan keluarga. Beberapa aliran telah menyebar jauh dan luas bahkan ke seluruh dunia.

Beladiri Tiongkok dikembangkan dari yang sederhana hingga kompleks, dari level rendah hingga level tinggi, dari keahlian tempur hingga menggabungkan konsep budaya tradisional. Tujuan dari sistem pelatihan seni beladiri tradisional, untuk mencapai keahlian kemampuan beladiri yang efektif, untuk meningkatkan kepribadian dan moralitas dan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Apapun aliran beladiri Tiongkok pasti mengikuti satu dasar sama. Jadi dari point ini, banyak orang mengatakan "Seluruh aliran berasal dari satu keluarga". Meskipun dari perspektif ini, banyak (jika tidak semua) aliran ingin mencapai tujuan yang sama terdapat beberapa perbedaan terutama dalam prinsip-prinsip dan metode pelatihan.

Sahdan lima ratus tahun yang lalu ketika garis perbedaan-perbedaan ini menjadi sangat signifikan, orang-orang memisahkan seni beladiri Tiongkok menjadi dua kelompok besar: Neijia atau internal kungfu dan Waijia atau eksternal kungfu. Orang-orang biasanya mengatakan bahwa neijia dan waijia merupakan dua cabang besar seni beladiri Tiongkok, datang dari sumber yang sama tetapi dipraktekkan, diriset dan dikembangkan dengan cara berbeda.Meskipun neijia dan waijia menggunakan konsep yang berbeda, keduanya memiliki keterampilan serupa dan telah mempengaruhi satu sama lain selama bertahun-tahun.

Sejarah Singkat Neijia dan Waijia


Sebelum mempertimbangkan interpretasi pribadi, kita harus memeriksa konsep awal ide ini. Pertama kali, harus digali catatan awal yang membedakan antara internal dan eksternal kungfu.

Dokumen tertulis paling kuno yang membedakan neijia dan waijia diyakini ditemukan dalam tiga artikel yang ditulis diwaktu dan tempat yang berdekatan. Artikel tersebut adalah:


  • "The Tombstone Inscription of Mr. Wang Zhengnan " by Huang Lizhou (1669).
  • "Neijia Quan" ("Internal Fist") by Huang Baijia (1676).
  • "The Biography of Zhang Songxi" in "The Government Records and Annals of Ningbo City" (1683 version?).


Informasi terpenting dari artikel ini ialah:

  1. Periode waktu kelahiran neijia.
  2. Neijia dikembangkan dari waijia.
  3. Perbedaan antara neijia dan waijia.
  4. Deskripsi dari beberapa karakteristik dan fitur neijia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar